Sabtu, 22 Mei 2010

Sudah Diampuni, Harus mengampuni

“Maka Bapaku yang disorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu.” (Matius 18:35)

Dalam perumpamaan yang kit abaca, Yesus memperlihatkan bertapa kejamnya di mata Allah orang yang tidak mau mengampuni orang lain. Apabila kita tidak mau mengampuni orang lain, kita sama dengan ‘hamba yang kejam’. Hamba yang kejam mempunyai utang 10.000 talenta kepada tuanya, namun dibebaskan oleh tuannya. Akan tetapi ia tidak mau membebaskan piutang kawannya yang hanya 100 dinar kepadanya. Ia menangkap dan mencekik kawannya itu dan menyerahkannya kedalam penjara sampai ia mampu melunasi piutangnya. (1 talenta sana dengan 6000 dinar).

Demikianlah kita akan dinilai Bapa di sorga seperti itu bila kita tidak mau mengampuni orang lain. Bukankah kita sudah dibebaskan dari segala dosa dan pelanggaran kita secara Cuma-Cuma melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salib, serta beroleh kasih karuniaNya? Jangan sampai pada saatnya nanti Raja diatas segala Raja memanggil kita dan berkata, “Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku. Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau?” (Matius 18:32-33).

Sebagaimana Tuhan sudah mengampuni kita, demikian pun hendaknya pengampunan dapat kita berikan kepada orang lain. Setiap orang yang telah menerima kasih karunia dan pengampunan dari Bapa harus belajar mengasihi dan mengampuni orang lain. Akibat kejahatannya, raja menjadi marah kepada hamba kejam yang tidak mau mengampuni temannya. “Maka marahlah tuannya itu dan menyerahkannya kepada algojo-algojo, sampai ia melunaskan seluruh hutangnya.” (Matius 18:34).

Siapakah kita sehingga kita tidak mau mengampuni kesalahan orang lain? Bukankah kita juga sering berbuat kesalahan? Sebagai orang-orang yang telah menerima anugerah keselamatan dan belas kasih dari Tuhan, sudah seharusnya aliran kasih-Nya itu juga kita salurkan kepada orang lain.

“Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (Matius 6:15)

Tuhan Yesus Memberkati