Rabu, 26 Mei 2010

Berkat Karena Menjadi Sahabat Yesus

“Kamu adalah sahabatku, jikalau kamu berbuat apa yang kuperintahkan kepadamu.” (Yohanes 15:14)

Adalah mustahil orang menjalani hidup seorang diri, perlu interaksi social. Kita membutuhkan teman. Siapapun dan apa pun profesi kita, kita pasti punya teman. Kita juga berharap hubungan pertemanan bukan sekedar ‘numpang lewat’, tapi menuju kea rah persahabatan. Sahabat adalah orang terdekat dalam kehidupan kita yang selalu siap menjadi good listener, menghibur, menguatkan, memberikan pertolongan saat kita membutuhkan.
Sebagai orang percaya, kita patut bersyukur karena kita beroleh hak istimewa yaitu sebagai sahabat Yesus. Yesus adalah sahabat sejati kita. DIA berkata, “Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapaku.” (Yohanes 15:15)

Ini adalah suatu anugerah yang sangat besar! Berkat-berkat apa saja yang kita dapatkan bila menjadi sahabat Yesus?

Pertama, kita akan beroleh kasih setiaNya. Dimana ada persahabatan, disitu pasti ada kasih, karena “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” (Amsal 17:17). Kasih Yesus tidak pernah berkesudahan di segala situasi dan keadaan. KasihNya yang besar telah Dia buktikan melalui kematianNya di atas kayu salib. “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” (Yohanes 15:13). Dia rela menyerahkan nyawaNya demi menebus dosa-dosa kita. Bila saat ini kita sedang dalam pergumulan yang berat, jangan patah arang. Datanglah kepada Yesus karena tanganNya selalu terbuka untuk menyambut kita.

Kedua, kita diberitahu rahasia-rahasiaNya dan beroleh kepercayaan dariNya. Tidak ada rahasia diantara sahabat, semuanya pasti diungkapkan. Terhadap orang yang karib (sahabat), Tuhan memberitahukan rahasia sorgawi (baca Mazmur 25:14). Juga Dia akan memberinya sebuah kepercayaan dan tanggung jawab yang besar.
Syarat utama jadi sahabat Yesus adalah taat melakukan perintahNya.

Tuhan Yesus Memberkati.