Rabu, 24 November 2010

Pemulihan yang Lebih Besar

"Waktu Bartimeus mendengar bahwa Yesus dari Nazaret sudah dekat, ia mulai berteriak, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah saya!". "Diam!" bentak beberapa orang kepadanya. Tetapi ia justru berteriak semakin keras. "Oh, Anak Daud, kasihanilah saya!" katanya berkali-kali. Ketika Yesus mendengar teriakan orang buta itu, Ia berhenti lalu berkata, "Suruhlah dia ke mari." Mereka memanggil orang itu. "Mujur benar engkau ini," kata mereka, "ayo, Ia memanggil engkau!" Bartimeus membuka jubahnya yg sudah tua itu serta melemparkannya ke tanah, lalu ia lompat berdiri dan mendapatkan Yesus." (Markus 10:46-50, FAYH)

Mari sejenak kita coba memposisikan diri seperti Bartimeus, seorang pengemis buta yg memiliki pengharapan besar akan mujizat Tuhan. Sebelum Yesus datang ke Yerikho, lewat tepat di depan ia yg duduk setiap di pinggir jalan, Bartimeus hanya bisa mendengar pembicaraan banyak orang ttg nubuat Yesus yg penuh kuasa mujizat.

Mungkin beberapa dari kita lebih sering meragukan kabar baik yg kita dengar. Karenanya beberapa dari kita selalu diliputi kecemasan dan takut jika harus melakukan perubahan di dlm iman dan di dlm sikap kita. Mungkin kita hanya dgn setengah hati saja utk dapat mempercayai bahwa Tuhan Yesus selalu menawarkan kpd kita penyembuhan total dan pemulihan yg menyeluruh di dlm hidup kita. Kita tahu Tuhan Yesus bersedia datang ke dalam setiap permasalahan dalam hidup ini. Namun jika kita masih ragu dan diliputi kecemasan, kita bisa ikuti teladan Bartimeus yg sepenuh hati di dlm keterbatasan kemampuan diri, namun mampu dgn sepenuh tenaganya meminta hal yg baik dan berkenan bagiNya. Karena Tuhan Yesus pun akan menghampiri kita dan menanyakan hal yg sama seperti kpd Bartimeus. Tuhan Yesus menawarkan kesembuhan total dan pemulihan yg lebih besar.
"Apa yg engkau ingin Kulakukan untukmu?" tanya Yesus. "Guru," kata orang buta itu, "saya ingin dapat melihat!" Lalu Yesus berkata kepadanya, "Baik, jadilah demikian. Imanmu telah menyembuhkan engkau." Seketika itu juga orang buta itu dapat melihat, lalu mengikuti Yesus sepanjang jalan." (Markus 10:51-52 FAYH).

Tuhan Yesus Memberkati.