Minggu, 23 Mei 2010

Karunia Roh Kudus

"Kuasa TUHAN akan membimbing dia, menjadikan dia berbudi dan bijaksana, cakap mengambil keputusan dan melaksanakannya; mengenal kehendak Allah dan takwa kepada-Nya. Kesukaannya yaitu taat kepada TUHAN. Ia tidak mengadili sekilas pandang atau berdasarkan kata orang.(Yesaya 11:2-3.BIS)

Alkitab mengatakan ada 7 karunia Roh Kudus yg dicurahkan kpd mereka yg hidup di dalam Yesus Kristus.

1. Hikmat/Kebijaksanaan; adalah karunia tertinggi dari Roh Kudus, karena itu adalah kesempurnaan iman. Hikmat adalah keinginan untuk merenungkan hal-hal dari Allah. Dgn Hikmat membantu kita utk menilai dunia dgn baik, sebagai ciptaan yg diberikan Allah kpd kita & bukan untuk kepentingan sendiri.

2. Pemahaman; Dgn pemahaman kita mendapatkan memastikan kepercayaan kita yg bergerak di luar iman. Dgan pemahaman, kita melihat dunia dan kehidupan kita dalam konteks yg luas dari kehendak Allah dan hubungan jiwa kita kpd-Nya.

3. Nasihat; memungkinkan kita melihat dan memilih dgn benar apa yg membuat kita masuk di dlm keselamatan kemuliaan Allah. Dengan karunia nasihat, Roh Kudus berbicara ke hati kita dan dalam sekejap menunjukkan apa yg harus dilakukan

4. Ketabahan; Membatasi diri kita dari kecerobohan. Memungkinkan kita mengatasi penderitaan dan bertumbuh di dlm Kristus.

5. Pengetahuan; Pengetahuan adalah kesempurnaan iman. Menilai segala sesuatu dalam terang kebenaran ilahi, kita dapat lebih mudah membedakan antara bisikan Allah dan tipu daya iblis.

6. Kekudusan; Membutuhkan kesediaan suci dlm menyembah Allah dan melayani Dia diluar dr keinginan kedagingan kita. Kekudusan sejati menanamkan keinginan di dalam diri kita utk selalu melakukan apa yg menyenangkan bagi Allah.

7. Takut Tuhan; karunia Roh Kudus yg diberikan kpd kita untuk tidak membuat luka hati Allah, takut akan Tuhan muncul dari perasaan cinta kasih Allah. Takut akan Tuhan selalu berbakti, dgn kata lain, bukan rasa takut akan hukuman, tetapi keinginan utk tidak menyinggung Hati Bapa, sama seperti ketika kita ingin menyinggung perasaan orang tua kita sendiri.

Berbahagialah bagi mereka yg mendengarkan bisikan Roh Kudus, karena Roh Kudus akan terus menyempurnakan karunia-Nya, di dalam kehidupan mereka.

Tuhan Yesus Memberkati.